Seminar Inovasi Pembelajaran Research Based Learning
![](https://statik.unesa.ac.id/sosiologi/thumbnail/7c84a939-83ef-4d6e-8211-5602ae4be678.jpg)
UNESA (10/11/24) - Seminar mengenai Inovasi Pembelajaran Research Based Learning (RBL) oleh Bapak Ahmad Ridwan, M.Sosio. digelar dalam rangka mengisi Lomba SOCIUS tingkat nasional yang diikuti oleh siswa dari berbagai daerah. RBL adalah singkatan dari Research Based Learning, yakni salah satu metode pembelajaran yang mengintegrasikan riset dalam metode pembelajaran. Dimana metode pembelajaran ini diharapkan dapat menanamkan jiwa keilmuwanan dalam diri peserta didik.
Menjadi guru di era globlisasi tidaklah mudah, banyak tantangan yang dihadapi, terutama pada era Kurikulum Merdeka dimana guru dituntut untuk menjadi fasilitator bagi peserta didik yang masih berkembang. Pengetahuan, penelitian, atau research sangatlah penting dimiliki siswa karena sebagai bekal sebelum menempuh pendidikan di perguruan tinggi. RBL memiliki banyak manfaat dalam pendidikan, beberapa diantaranya adalah membantu siswa dalam memahami bagaimana konsep dari sebuah penelitian sosial dan bagaimana cara menyelesaikan permasalahan dan isu sosial. Selain itu, RBL juga mengajarkan siswa untuk berpikir kritis dalam menghadapi sebuah kesulitan.
Penerapan RBL pada materi Sosiologi Kurikulum Merdeka memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih bermakna dan kreatif. Pembelajaran tidak selalu monoton dengan mendengarkan guru berbicara, tetapi siswa lebih diberi kebebasan dalam mengamati fakta-fakta dan isu sosial yang ada di masyarakat. Pak Ridwan berpendapat jika Guru itu sebaiknya mengenalkan metode pembelajaran RBL agar siswa lebih terbuka pada isu sosial dan teknologi. Sebagai penutup Pak Ridwan berpesan "Menjadi guru itu merupakan sebuah anugerah, bukan sebuah kutukan. Karena dari guru, cendekiawan, tentara, dan orang sukses tercipta."
Penulis: Tatia Eisyfa Mutiara
Editor : Rizky Trisna Putri